• SMP NEGERI 4 CILACAP
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Keren, 763 siswa SMP Negeri 4 Cilacap Nderes Al Quran Berjamaah

Murid SMP Negeri 4 Cilacap membaca Al Qur’an bersama di lingkungan sekolah.

CILACAP – Bulan suci Ramadhan 1444H menjadi momentum umat muslim untuk meningkatkan kualitas diri dengan beragam cara. Diantaranya mendulang keberkahan Ramadhan ini melalui kegiatan amaliah dan religius.

Seperti yang dilakukan ratusan murid maupun tenaga pendidikan dan warga SMP Negeri 4 Cilacap. Mereka Nderes Al Quran dan membaca Asmaul Husna Berjamaah dilingkungan sekolah setempat.

Nderes Al Qur’an sendiri merupakan aktifitas membaca atau tadarus Al Quran secara berulang – ulang.

Adapun bertepatan dengan 17 Ramadhan 1444 H, pembacaan ayat suci Al Quran yang dipilih kali ini surah Al Kahfi dan dilakukan berjamaah dengan diikuti 763 Siswa, 39 Guru, dan 12 tenaga kependidikan.

Kepala sekolah SMP Negeri 4 Cilacap, Waryanto, S.Pd.MM.

Kepala sekolah SMP Negeri 4 Cilacap, Waryanto, S.Pd.MM, mengungkapkan budaya baca Al Quran dilaksanakan sebelum jam pelajaran dimulai, kegiatan ini rutin dilakukan seminggu 3 kali khususnya bulan Ramadhan.

“Setiap hari Senin, Jumat, dan Sabtu sebelum pelajaran dimulai, para siswa dibimbing bapak ibu guru membaca Al Quran dan baca Asmaul Husna” tuturnya.

Usai membaca Al Quran dan Asmaul Husna, secara bergantian siswa melaksanakan sholat dhuha di Masjid Daruttaqwa SMP N 4 Cilacap.

Guru Agama SMP Negeri 4 Cilacap – Umi Salamah, S.Pd,.

Sementara itu, Guru Agama – Umi Salamah, S.Pd,. menyebutkan, kegiatan ini tidak hanya menjadi wadah pembentukan karakter siswa. Namun demikian turut menjadi sarana menumbuhkan rasa cinta dan memperlancar baca Al Quran dari para siswa.

Takmir Masjid Daruttaqwa SMP Negeri 4 Cilacap – Saryanto, S.Pd. menyebutkan pesantren kilat bulan suci Ramadhan ini merupakan upaya untuk meningkatkan iman dan menguatkan aqidah.

“Ini ditujukan juga bagi peserta didik SMP N 4 Cilacap dengan belajar dari kisah Ashhabul Kahfi dalam Qur’an Surat Al Kahfi,” imbuhnya.

Pembina OSIS SMP Negeri 4 Cilacap – Fajar MM, mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sangat menarik. Sebab menurutnya sekali duduk dalam satu majelis siswa, guru dan tenaga kependidikan serentak membaca Qs. Al Kahfi berjamaah.

“Qs. Al Kahfi ini ada 110 ayat, alhamdulillah, luar biasa bisa terbaca sampai selesai, semoga mendapat Syafaat dari Allah SWT,” tambahnya.

Senada, Keysa Fatmawati selaku Ketua OSIS, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan, asik, dan menambah rasa kebersamaan siswa siswi SMP Negeri 4 Cilacap.

“Saya berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.Selain itu, kegiatan membaca Qs. Al Kahfi secara

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Keren, Ada Komunitas Praktisi Berbagi Takjil di Cilacap

CILACAP – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari pahala dan keberkahan di bulan suci Ramadhan. Salah satunya dengan berbagi takjil kepada tukang becak, tukang sampah, dan

17/04/2023 19:26 WIB - Administrator