• SMP NEGERI 4 CILACAP
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

PTS I di Masa Pandemi Covid-19

           

 

 

Salah satu usaha untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 adalah melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring, dalam jaringan, sering pula disebut online. Pembelajaran jarak jauh ini dilaksanakan mulai bulan Maret 2020. Anak-anak belajar di rumah masing-masing tanpa harus datang ke sekolah. Lalu bagaimana SMP Negeri 4 Cilacap melaksanakan kegiatan Penilaian Tengah Semester I di masa pamdemi ini?

Adanya virus covid-19 ini memberikan dampak yang luar biasa hampir pada semua bidang, salah satunya bidang pendidikan. Dengan menyebarnya virus covid-19 membuat proses pembelajaran berubah dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Dengan daya upaya guru berusaha melaksanakan tugas sebagai pendidik dan pengajar sehingga peserta didik mendapat ilmu sesuai yang tercantum dalam kurikulum walaupun tetap berada di rumah saja. Hal ini terjadi pula pada guru SMP Negeri 4 Cilacap. Penguasaan ilmu teknologi seorang guru sangat dibutuhkan untuk mentransfer materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang siapkan guru SMP NEGERI 4 Cilacap beragam ada yang berbentuk power poin, word, vidio, rekam suara, dan foto atau gambar dikirim melalui whatsapp, google classroom, google form, dll. Untukkegiatan Penilaian Tengah Semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara kombinasi daring dan luring.

Kegiatan Penilaian Tengah Semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 4 Cilacap dilaksanakan dengan skenario yang disusun oleh panitia.Tiap kelas dibentuk enam kelompok, masing-masing terdiri dari lima atau enam siswa. Ketua kelompok hadir ke sekolah sesuai dengan jadwal untuk mengambil soal. Selanjutnya ketua kelompok membagikan soal tersebut kepada anggota kelompoknya. Semua siswa mengerjakan soal PTS I di rumah masing-masing kemudian mengirim jawaban melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh guru mapel yaitu google classroom. Adapun untuk pengadaan soal, SMP Negeri 4 Cilacap seperti halnya sekolah lain, bekerja sama dengan MGMP Kab. Cilacap. Bagi peserta didik yang tidak mampu mengikuti kegiatan PTS I, bisa melaksanakan secara luring, luar jaringan, yaitu dengan menyerahkan lembar jawab ke sekolah melalui ketua kelompok.***                                                                                                  ( HUMASpenpat)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Projek Suara Demokrasi, Komik Siswa Semakin Menggila

Oleh: Landung Baskoro Setelah mas Menteri Mendikbud Ristek  meluncurkan  kurikulum merdeka pada awalnya menimbulkan kebingungan bagi sebagian guru di sekolah kami. Kurikulum

28/10/2022 15:23 WIB - Administrator
SMP N 4 Cilacap, Gelar Doa Bersama Dan Surat Cinta Orang Tua

Ujian sekolah tahun 2021/2022 disambut gegap gempita oleh siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 4 Cilacap.  Persiapan untuk melaksanakan Ujian Sekolah memang sangat diupayakan sebaik mun

23/05/2022 12:15 WIB - Administrator