• SMP NEGERI 4 CILACAP
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Projek Suara Demokrasi, Komik Siswa Semakin Menggila

Oleh: Landung Baskoro

Setelah mas Menteri Mendikbud Ristek  meluncurkan  kurikulum merdeka pada awalnya menimbulkan kebingungan bagi sebagian guru di sekolah kami. Kurikulum merdeka ini mempunyai salah satu tujuan yaitu menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi peserta didik dan guru dengan menekankan pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Pada kurikulum merdeka menghadirkan projek yang berpihak dan berpusat kepada siswa, yang menarik adalah P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Salah satunya adalah pada pelaksanaan Projek suara demokrasi di SMP Negeri 4 Cilacap (28/10/2022), yang disambut dengan gegap gempita oleh seluruh guru dan warga sekolah, pada projek ini melatih siswa dalam hal menyuarakan pendapat, menghadapi perbedaan dan pengambilan keputusan. Selain itu, projek ini mempunyai tujuan membangun nilai saling menghormati, toleransi, serta setiap orang mempunyai hak dan kebebasan untuk berpendapat.

Dalam proses pelaksanaan projek demokrasi, salah satunya siswa dituntun untuk membuat komik anti Golput kemudian pada puncak projek ini menghadirkan Pilketos (pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS). Pada tahapan kampanye anti Golput ini disajikan dalam bentuk komik yang sangat spektarkuler, diluar ekpektasi kami, siswa menyuguhkan cerita dan gambar yang menarik dan sangat menginspirasi bagi seluruh warga sekolah khusunya SMP Negeri 4 Cilacap.

“kami bisa menyuarakan pendapat dan mengambil bagian dalam bentuk dialog, debat, dan diskusi melalui berbagi cara dan media dengan penuh tanggung jawab, berkolaborasi dengan teman, guru, warga sekolah lainnya, dan menerapkan nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari” ungkap Yori, salah satu siswa kelas VII G.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua Pilketos, Pippo, “projek ini untuk menentukan pimpinan OSIS satu tahun kedepan dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk praktik langsung dalam pemilihan ketua OSIS, serta meyuarakan aspirasi masing-masing”

Suatu pembelajaran yang menarik, sehingga para siswa tidak bosan, tetapi justru dapat mengeksplore bakat minatnya sesuai dengan tema yang diberikan pada tahapan kali ini. Pada saat pemilihan Ketua OSIS merupakan suatu yang luar biasa, belajar secara langsung dan mudah-mudahan suatu saat, ketika mereka sudah berada ditengah-tengah masyarakat memahami benar menjadi calon-calon penegak demokrasi, syukur menjadi pemimpin Indonesia di masa yang akan mendatang. Pungkas Kepala Sekolah (Sarwadi, S.Pd).

 

Galeri Foto | SMP Negeri 4 Cilacap (smpn4cilacap.sch.id)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMP N 4 Cilacap, Gelar Doa Bersama Dan Surat Cinta Orang Tua

Ujian sekolah tahun 2021/2022 disambut gegap gempita oleh siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 4 Cilacap.  Persiapan untuk melaksanakan Ujian Sekolah memang sangat diupayakan sebaik mun

23/05/2022 12:15 WIB - Administrator
PTS I di Masa Pandemi Covid-19

                Salah satu usaha untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 adalah melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring, d

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator